Sabtu, 11 Juli 2009

sebagian makna Asmaulhusna.

Di tulis oleh wawan kurniawan

87. Aljaami : Maha Mengumpulkan, yakni mengumpulkan berbagai hakikat yang telah bercerai-berai dan juga mengumpulkan seluruh umat manusia pada hari pembalasan.Dan pada hari itu Allah berkuasa mengumpulkan setiap orang untuk di mintai pertanggungjawabannya atas segala amal perbuatannya sewaktu mereka di dunia

88. Alghaniy : Maha Kaya, maka tidak membutuhkan apa pun dari yang selain zat-Nya sendiri, tetapi yang selain-Nya itu amat membutuhkan kepada-Nya. Maka kita sebagai hamba-Nya jangan pernah bosan untuk meminta rezeki kepada Allah Swt karena Allah maha kaya yang kekayaan-Nya sangat luas dan tak terbatas.

Ditulis oleh yusep wahyu

93. Annuur : Maha Bercahaya yakni menonjolkan zat-Nya sendiri dan menampakkan untuk yang selain-Nya dengan menunjukkan tanda-tanda kekuasaan-Nya dengan semua ciptaannya yang ada di bumi dan di langit

94. Alhaadi : Maha Pemberi petunjuk, yaitu memberikan jalan yang benar kepada segala sesuatu agar langsung adanya dan terjaga kehidupannya dan lebih benar petunjuknya bagi orang-orang yang slalu taat kepadanya.

Ditulis oleh eko santoso

13. Almushawwir : Maha Pembentuk, memberikan gambaran atau bentuk pada sesuatu yang berbeda dengan lainnya. (Jadi Alkhaalik adalah mengadakan sesuatu yang belum ada asal mulanya atau yang menakdirkan adanya itu. Almushawwir ialah yang memberinya bentuk yang sesuai dengan keadaan dan keperluannya).

14. Alghaffaar : Maha Pengampun, allah juga banyak memberikan maaf juga menutupi dosa-dosa dan kesalahan dari hamba-hambanya. Apapun yang dilakukan hambanya dan betapa seberapa besarpun dosa yang dilakukan hambanya, niscaya Allah akan selalu mengampuni dosa hambanya bagi hamaba yang memohon dan bertaubat.

Ditulis oleh yuhana

91. Adh dhaarr : yang Maha Mendatangkan mudharat atau derita. Allah berkuasa untuk mendatangkan mudharat atau derita kepada semua mahluknya,baik itu mahluknya yang beriman atau pun yang tidak beriman. Tentunya jika derita itu di berikan kepada mahluknya yang beriman ini adalah merupakan suatu cobaan seperti yang diterangkan di dalam Al Qur’an berikut ini :

155. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Al Baqarah 2 : 155).

Tetapi jika derita itu diberikan kepada orang yang tidak beriman maka itu adalah bisa jadi merupakan suatu peringatan atau azab.

92. An naafi : yang Maha Pemberi Manfaat. Jika di kaji dan di renungi lebih jauh apa yang di ciptakan Allah di muka bumi ini baik itu untuk manusia atau pun binatang ternyata semuanya bermanfaat,tentunya selama hal tersebut halal jika untuk manusia, hal sederhana seperti bulu hidung saja itu sangat bermanfaat sekali pengaruhnya bagi kesehatan tubuh kita, apa lagi seperti hal - hal yang lain seperti hujan,tanaman,gunung - gunung dan Sunatullah serta dsb nya ternyata semuanya hampir tidak ada yang mudharat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar